Membuka Direktory Melalui Command Promt (CMD)

Mungkin yang namanya cmd (command prompt) jarang kita dengar. Disini saya akan sedikit berbagi mengetahui isi sebuah folder atau bahkan membukannya dengan menggunakan cmd.
Pertama silahkan buka cmd terlebih dahulu, untuk win xp tekan windows + run, lalau ketik cmd dan enter. Sedangkan untuk win 7, silahakn tekan windows, lalu ketik cmd dan enter.

Tampilan utama cmd,











nah, maksud dari c:\user\labkom\ adalah bahwa secara langsung kita sedang berada pada drive C pada komputer, di folder user, dan kemudian di subfolder labkom.
Baiklah, sekarang saya akan membuka folder pada drive E di komputer saya.
Langkahnya kita ketik drive yang kita inginkan, yaitu E: lalu enter





nah, sekarang kita sudah berada pada drive E, tinggal kita cari folder yang mau kita buka.
Ada satu perintah yang dapat kita gunakan untuk melihat semua file ataupun folder yang ada di drive E, yaitu ketik dir lalu enter, sekarang kita coba,












nah, dapat dilihat bahwa bentuk <dir> menyatakan bahwa itu merupakan folder. Dari gambar dapat dilihat yang berupa folder adalah baru, burn, dd, dll. Sedangkan tanpa <dir> merupakan sebuah file.
Sekarang kita akan mencoba buka folder baru, caranya yaitu ketikan cd (spasi) nama folder, berarti cd baru lalu enter,,,





cd merupakan perintah untuk masuk kedalam folder yang kita tuju. dan kemudian silahkan kita buka apa saja isi di folder tersebut dengan menggunakan dir kembali. Dan untuk membuka file nya, kita tinggal langsung ketik saja filenya dan enter. Saya akan membuka file readme.txt











nah, begitulah untuk saat ini,,untuk file yang lain juga bisa dibuka, asalkan nama file dan type filenya benar kita ketik.
Sumber : commandpromt.blogspot.com

Mohon Di Share:

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Ini
Judul: Membuka Direktory Melalui Command Promt (CMD)
Diposting Oleh Unknown
Tolong berikan saran dan kritik sahabat di kolom komentar. Salam blogger, Terima kasih

Silahkan Masukkan Email Anda:

Title: Membuka Direktory Melalui Command Promt (CMD); Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment